Apa Itu Motion Graphic dan Bagaimana Motion Graphic Bisa Membantu Bisnis Atau Organisasi Anda

apa itu motion graphic
apa itu motion graphic

Komunikasi massa adalah hal yang sangat penting bagi berjalannya sebuah organisasi, baik, perusahaan, instansi, atau lembaga. Dengan terbentuknya suatu penyampaian pesan yang baik antara pemberi pesan dan penerima pesan, akan terbentuk pula sebuah pengertian bersama (mutual understanding) yang kemudian akan berimbas pada tercapainya suatu tujuan yang diharapkan.

Siapa yang tidak butuh komunikasi? BMKG perlu mengkomunikasikan pada masyarakat tentang jenis-jenis bencana alam di Indonesia. Sebuah rumah sakit perlu mengkomunikasikan pada perawatnya tentang Standard Operational Procedure (SOP) mengenai tata cara merawat pasien. Sebuah universitas perlu mengkomunikasikan pada calon mahasiswa tentang program studi yang mereka buka. Masih banyak contoh-contoh lainnya, silakan dibayangkan sendiri.

Apa yang digunakan oleh berbagai macam lembaga dalam komunikasinya? Dan bagaimana komunikasi tersebut bisa berjalan dengan baik?

Pesan Tekstual 

Contoh pesan tekstual tentang proses pembuatan SIM yang sering kita temui di kantor polisi.

Secara sederhana dan konvensional, lembaga bisa membuat tulisan sederhana yang berisi tentang pesan mereka. Di kantor polisi kita bisa melihat tulisan tentang tata cara membuat dan memperpanjang SIM. Di KUA kita bisa melihat tulisan yang menjelaskan tentang tata cara mendaftar pernikahan secara resmi.

Cara ini berjalan dengan cukup baik jika memang yang diperlukan hanyalah komunikasi sederhana dengan target penerima pesan yang merupakan orang yang segmented. Semisalnya dengan contoh kantor polisi tadi, tentu saja orang yang datang ke kantor polisi banyak yang bermaksud untuk membuat SIM. Sehingga polisi tidak perlu membuat poster visual yang menggugah, cukup tulisan sederhana saja dan penerima pesan bisa memahaminya dengan baik.

Namun, masalahnya akan lebih kompleks jika bentuk komunikasi yang dibutuhkan dituntut lebih menarik, atraktif, dan memancing perhatian.

Desain Grafis dan Infografis

Secara logis, tidak ada yang menarik dari sebuah tulisan kata-kata sederhana tanpa dekorasi visual apa-apa. Anda tidak bisa mempresentasikan rencana bisnis anda hanya dengan pointer di Power Point atau berhalaman-halaman naskah berisi tulisan. Untuk itulah ada desain grafis. Sebuah bentuk seni digital yang bisa membuat kreasi visual yang lebih menarik.

Sekarang bayangkan jika pesan yang ingin anda sampaikan bentuknya adalah informasi dan data. Misalnya anda ingin memperlihatkan data laporan penjualan produk perusahaan anda dalam lima tahun terakhir, dan anda hanya menulis:

Tahun 2011 ada 500 penjualan,

Tahun 2012 ada 700 penjualan,

Tahun 2013 ada 850 penjualan,

Tahun 2014 ada 950 penjualan

Tahun 2015 ada 940 penjualan

dan terus sebagainya.

Siapa yang akan tertarik menyimak presentasi anda? Bahkan bilapun ada yang menyimak, bagaimana orang bisa membayangkan secara tepat bahwa penjualan anda menaik tiap tahunnya tapi jumlah kenaikannya sebenarnya menurun?

Untuk itulah, ahli desain grafis memiliki teknik bernama infografis. Menggabungkan kata “info” dan “grafis,” teknik ini memadukan data informasi ataupun pesan yang anda ingin sampaikan menjadi sebentuk karya desain grafis. Penggunaan kata-kata dalam infografis dikurangi secermat mungkin, namun dipilih diksi yang benar-benar tepat agar efisien dan berpadu dengan infografisnya.

Bukan hanya data, infografis juga seringkali bisa mengkomunikasikan pesan-pesan naratif secara umum. Beberapa Kementerian di pemerintah Indonesia juga kerap membuat infografis dalam menerangkan kebijakan mereka atau memaparkan data publik yang berguna bagi masyarakat. Misalnya saja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang beberapa waktu lalu sempat membuat infografis tentang seruan agar orang tua mengantar anaknya ke sekolah. Lantas, infografis ini menjadi viral dan disebarluaskan oleh banyak netizen.

Kementerian Keuangan juga pernah membuat infografis untuk menerangkan rincian APBN. Serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pernah membuat infografis untuk meluruskan isu tenaga kerja asing dari Cina yang bekerja di Indonesia.

Motion Graphic

Setidaknya sampai beberapa dekade yang lalu, media audio visual (video) masih menjadi primadona bagi bentuk komunikasi yang dilakukan lembaga instansi ataupun swasta. Karena kebanyakan masyarakat menonton televisi setiap harinya. Miliaran rupiah dikeluarkan untuk membuat video iklan komersial ataupun iklan masyarakat dan mempublikasikannya di televisi. Meski mahal, tapi efek yang dicapai pun maksimal.

Di era digital seperti sekarang, muncul bentuk komunikasi media yang baru. Internet telah menjadi sarana komunikasi masif bagi hampir semua orang. Apalagi dengan kemunculan media sosial yang beragam. Lantas berubahlah segala bentuk komunikasi masyarakat. Orang bisa berjam-jam memandangi facebook, berselfie di Instagram, menonton “TV” Youtube, dan melaporkan tiap aktivitasnya di Path.

Tidak heran kalau infografis sederhana bisa tersebar secara masif dan viral di media sosial. Orang-orang akan secara sukarela membagikan pesan yang disampaikan oleh Kemendikbud dan dibaca oleh ribuan netizen. Beriklan di Youtube pun punya efek yang lebih efektif dan efisien serta terarah (segmented) daripada sekedar iklan di TV (setidaknya dalam kasus tertentu.) Dari segi harga, iklan Youtube juga bisa lebih murah dari TV.

Untuk menjawab tantangan itu, muncul pula bentuk desain grafis baru yang lebih menarik dan atraktif. Kita bisa menyebutnya dengan animasi grafis (motion graphic). Sederhananya, motion graphic mengolah desain grafis ataupun infografis menjadi animasi yang interaktif. Bisa pula ditambah dengan musik, efek suara, dan bahkan narator untuk membuatnya lebih menarik.

Bedanya dengan animasi biasa, motion graphic cenderung lebih mudah dibuat, karena bentuknya yang dua dimensi dan konsepnya yang pada dasarnya hanya membuat efek gerakan sederhana pada objek grafis yang telah dibuat. Jauh lebih sederhana daripada animasi kartun sungguhan, yang benar-benar membuat animasi dari kumpulan gambar-gambar. Sehingga akan lebih murah, tapi jelas lebih menarik daripada desain grafis tidak bergerak.

Apa saja kegunaan motion graphic? Banyak dan sangat variatif!

Animasi Infografis

 

Jika anda pernah melihat infografis, maka sekarang coba bayangkan kalau infografis itu bisa bergerak! Pasti akan berkali-kali lipat lebih menarik. Data dan informasi yang ingin anda sampaikan tidak hanya lebih indah karena dilukis dengan gambar, tapi juga jadi sangat dinamis berkat gerakannya!

Explainer video

Tidak jauh beda dengan animasi infografis, explainer video atau video penjelas berfungsi menjelaskan sesuatu dengan animasi grafis. Hanya saja, video grafis seperti ini tidak memiliki informasi dan data sekompleks Animasi Infografis. Biasanya video penjelas hanya menjelaskan hal sederhana seperti SOP, tata cara, prosedur, dan lain sebagainya.

Iklan

Tidak diragukan lagi, Motion Graphic bisa dipakai sebagai iklan komersil. Iklannya itu sendiri pun bisa ditentukan, mau berbentuk “kasar,” yaitu menjelaskan produk komersilnya secara gamblang. Atau lebih lembut, dikemas justru sebagai Explainer Video biasa yang terlihat edukatif universal namun ternyata tetap memiliki pesan komersial.

Profil Lembaga

Menggunakan Motion Graphic sebagai profil lembaga sangatlah efektif dalam memperkenalkan brand image lembaga anda. Dengan Motion Grahic, anda bisa menerangkan tentang identitas lembaga anda, visi dan misinya, pekerjaan apa yang anda lakukan, produk barang dan jasa apa yang anda sediakan, dan lain terus sebagainya.

Curriculum Vitae dan lain sebagainya.

Bahkan anda bisa membuat CV dengan motion graphic. Dan masih lebih banyak lagi kreasi-kreasi yang bisa muncul. Nyaris tidak ada batasan tentang ke mana Motion Graphic bisa dikembangkan.

Nah, dengan berbagai macam manfaat dan kegunaannya, apa anda tertarik untuk membuat motion graphic? Jika tertarik, saya bisa membantu anda. sebagian video di atas adalah portofolio video yang saya produksi sebagai konsultan media digital. Jika anda tertarik membuat video serupa, hubungi saya di:

Kontak: 081231425090

Email: hzhafiri@gmail.com

 

Salam sukses. 🙂

(Visited 281 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*